Langsung ke konten utama

Kaum Awam dan Kaum Khas

Kaum Awam dan Kaum Khas 


Ada sebuah maqalah:

لكلّ عوام خاص

Pada setiap kelompok awam (dari kata aam, umum) terdapat satu bagian khash (khusus).

Ini adalah fitrah kehidupan.

Berjalannya suatu program, sistem bahkan organisasi, maka akan memerlukan hubungan dari dua kelompok tersebut, yang berjalan dengan baik pula.

Dalam kaitannya dengan ilmu, maka yang dimaksud dengan khash adalah ulama.

Dalam kaitannya dengan keahlian, maka yang dimaksud khash adalah para ahli di bidangnya, seperti dokter, arsitek, akuntan, yuris dan lain-lain.

Dalam kaitannya dengan negara dan pemerintahan, maka khash adalah wakil rakyat, umara 
dan lain sebagainya.


Demikian pula, dalam kaitannya dengan ijtihad, maka khash adalah mujtahid, sedang kita, kaum awam adalah muqallid.

Demikian seterusnya.


Adalah fitrah juga, bahwa bagian khash selalu jumlahnya hanya sedikit.

Hendaknya setiap orang berlaku sesuai wilayahnya / bagian masing-masing.

Sebagai orang awam, janganlah kita mengambil peran khas.


Sebagai contoh, orang yang awam dalam ilmu, tidak boleh mengambil peran ulama dengan menyampaikan fatwa, atau berijtihad dan seterusnya.

Demikian pula, terlarang bagi kaum awam untuk ikut-ikutan menyampaikan pendapat ahli ke tengah masyarakat.

Karena, minimal akan membuat bingung, lebih-lebih berpotensi akan diikuti oleh sebagian kaum awam lainnya sehingga berakibat kekacauan dalam tata masyarakat.

Apa yang harus dilakukan kaum awam?

Kaum awam hendaknya mengikuti khash tersebut. Sebab khash adalah pemimpin bagi awam.


Bagaimana caranya?

Pertama, hendaklah mengenali (ta'arruf) kaum khash. Kita kenali, mana ulama, mana para ahli, mana yang layak menjadi wali / wakil, dan seterusnya.

Seorang murid hendaknya mengenal gurunya dan mengikutinya.

Bagaimana bila di antara kaum khash terdapat perselisihan?

Nabi SAW telah menyatakan, bahwa ummatku tidak akan bersepakat pada kesesatan. Dalam konteks ini, yang dimaksud umatku dalam hadits tersebut adalah para ulama (kaum khas).

Jadi, dalam hal demikian, ikuti kesepakatan ulama (kesepakatan kaum khash).

Dalam hal ijtihad dan fatwa, ikutlah kesepakatan / ijma' ulama, d
an seterusnya.


Demikian, wallahu a'lam



 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERUBAHAN KATA GANTI ANTUNNA MENJADI ANTUM PADA AYAT TATHHIR AL-AHZAB 33:33, LALU, SIAPA SAJA AHLULBAIT?

Bismillahirrahmanirrahim, Pada tulisan sebelumnya, kita telah membahas bahwa ayat Tathhir,  Al-Ahzab 33:33 bukan berisi ketetapan Allah yang bersifat tanpa syarat, namun berisi keinginan Allah SWT ( iradatullah ) yang bersyarat. Bagi yang belum membaca, dapat dibaca di sini . Pada tulisan kali ini, kita akan membahas perubahan dhamir (kata ganti) " antunna " ( أنتن ) menjadi " antum " ( أنتم ) dalam ayat tersebut. PENDAHULUAN Dalam bahasa Arab, kata ganti " antunna " ( أنتن ) berarti "kamu" atau "kalian", digunakan untuk orang kedua, plural (jamak) dan feminim (wanita). Jamak berarti orang tersebut terdiri dari 3 orang atau lebih. Orang kedua berarti "kamu" atau "kalian", yaitu orang yang diajak bicara ( mukhatab ). Sedangkan kata ganti " antum " ( أنتم ) digunakan untuk orang kedua jamak, yang terdiri dari hanya laki-laki, atau campuran laki-laki dan perempuan. Al-Qur'an sangat teliti dalam penggunaan

Al-Ahzab 33:40; Apakah Maksudnya Nasab Nabi Muhammad SAW Telah Terputus?

Bismillahirrahmanirrahim, Sebagian kaum muslimin ada yang bertanya-tanya, apakah Nabi Saw tidak memiliki anak keturunan yang bersambung nasab kepada beliau. Dengan kata lain, apakah nasab Nabi Saw telah terputus? Hal ini menurut sebagian dugaan mereka berdasarkan nash, surah Al-Ahzab 33:40. Benarkah demikian? Mari bersama-sama kita lihat surat tersebut. Al-Ahzab 33:40 مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَآ أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَٰكِن رَّسُولَ ٱللَّهِ وَخَاتَمَ ٱلنَّبِيِّينَۗ وَكَانَ ٱللَّهُ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمًا "(Nabi) Muhammad bukanlah ayah dari seorang (lelaki) manapun di antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu" . Pada ayat di atas, penggunaan redaksi "tidak seorang lelaki pun dari kalian" ( مِّن رِّجَالِكُمْ ), menunjukkan penolakan dari Allah SWT, bahwasanya tidak ada seorang lelaki manapun yang merupakan anak yang bersambung nasab kepada Nabi Saw, demikian dugaan tersebut. Benarkah demikian? Mema

Pujian Rasulullah SAW pada Abu Bakar RA dan Ali RA

 Sabda Nabi SAW: "لا يعرف الفضل لأهل الفضل إلاّ ذوو الفضل" "Tidaklah mengetahui keutamaan yang dimiliki oleh orang yang utama, kecuali dia juga seorang yang memiliki keutamaan ". Kalimat di atas diucapkan oleh Rasulullah SAW pada suatu hari, ditujukan pada dua orang sekaligus. Bagaimana ceritanya? Pada suatu hari, Rasulullah SAW berada di masjid beliau yang penuh sesak oleh para sahabat. Mereka semua berupaya mendekat pada Nabi SAW yang sedang menyampaikan risalah agama. Di samping Rasulullah SAW adalah Abu Bakar Ra . Dalam keadaan demikian, datanglah Ali bin Abu Thalib Kw  memasuki masjid dan berupaya mencari tempat kosong untuk duduk dan bergabung mendengar dari Rasulullah Saw. Melihat itu, Abu Bakar Ra bergeser sedikit demi sedikit menjauhi Nabi, membuat ruang kosong antara beliau dengan Nabi Saw, lalu mengangkat tangannya memberi isyarat kepada Ali Kw, supaya duduk di antara Rasulullah Saw dan dirinya. Melihat itu, Rasulullah tersenyum senang dan mengucapkan ka

Follower

Cari Blog Ini